Iklan VIP

Redaksi - potretmedia.com
Sabtu, 18 Februari 2023, 14:04 WIB
Last Updated 2023-03-31T04:46:53Z
Jawa TimurNewsPasuruan

Pengurus Daerah DMI Pasuruan Lantik Pengurus Ranting


Pasuruan - Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Pasuruan, melantik 12  Pengurus Ranting (PR) Dewan Masjid Indonesia (DMI) serta Pembinaan Manajemen Kemasjidan se-Kecamatan Purwodadi untuk masa bhakti tahun 2023-2028, di Aula Pancar Air Desa Cowek.


Hadir dalam acara Pelantikan tersebut,  Ketua PD DMI Kabupaten Pasuruan, M. Barizi Ahmad, Ketua Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Pasuruan, Moh Mundzir Musleh, Ketua PC DMI Kecamatan Purwodadi, Moh Thosim, 68 orang Pengurus Masjid se-Kecamatan Purwodadi serta Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Pasuruan, Sugiarto. Sabtu (18/2/2023). 

Saat dijumpai Potret Media, Ketua PD DMI Kabupaten Pasuruan, M Barizi Ahmad, menjelaskan tugas antara DMI dan LTMNU, DMI menguurusi Masjid yang ada di Kabupaten Pasuruan. Sedangkan LTMNU mengurusi Masjid yang berada dibawah NU Kabupaten Pasuruan. Karena NU di Pasuruan terbagi menjadi 2. Yaitu NU Pasuruan dan NU Bangilan. Namun secara struktural kepengurusannya DMI sendiri mulai dari Jakarta (Pusat) hingga sampai ke Desa (Ranting), DMI sendiri tidak menjadi organisasi manapun serta bukan menjadi partai politik apapun. Tetapi kalau manusiannya yang mau politik itu adalah haknya masing-masing.

"Manusianya monggo, boleh ikut partai politik dan organisasi apa saja, tapi jangan membawa nama DMI," tegasnya.

Sementara itu, Ketua LTMNU Kabupaten Pasuruan, Moh Mundzir Musleh untuk LTMNU dan DMI sebenarnya tidak ada aturan atau prinsip karena yang di garap adalah sama-sama begroundnya Masjid. Sedangkan Pengurus LTMNU boleh menjadi Pengurus DMI karena pengurusnya bisa kolaborasi.

"Boleh menjadi pengurus DMI, juga boleh menjadi pengurus LTMNU yang terpenting setelah dilantik bisa bekerja dan semangat," kata dia.

Selain itu, Sugiarto selaku tuan rumah (Owner Pancar Air) dirinya  berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan manajemen dan kapasitas pengurus.

"Saya akan mensuport serta mendorong adanya kegiatan ini. Mulai dari PR, PC sampai PD DMI," ujar Sugiarto, yang masih menjabat Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Pasuruan. (Son/Muh)